umroh

Mempersiapkan Perlengkapan Umroh Untuk Pria

Umroh atau Ibadah haji kecil masih sangat dimintai di Indonesia. Paket umroh yang banyak ditawarkan oleh beberapa travel juga bermacam macam. Sudah banyak diketahui bahwa arab saudi adalah Negara beriklim gurun yang bisa saja mempunyai suhu yang panasa sekali saat siang har namun bisa sangat dingin sekali saat menjelang malamnya. Anda tentu tiodak ingin ibadag umrah yang sudah diidamkan bertahun-tahun akhirnyta tidak maksimal hanya karena persiapan perlengkapanyang kurang maksimal karena terlalu menganggap remeh ataupun tidak sempat, atu juga karena faktor ketidaktahuan. Khusu untuk kaum pria yang akan melaksanakan ibadah haji keil atau umroh, agar bisa beribadah dengan khusyu tanpa harus disibukan dengan urusan perlengkapan karena tidak dipersiapkan dari awal. Ada bainya baca dulu sebelum mengambil paket umroh ya.

Kain Ihram

Salah satu pakaian yang wajib kita pakai saat dei mekah adalah kain Ihram, Sebaiknya bawa kain Ihram lebih dari satu set untuk cadangan apabila kain Ihram kita terkena nahus atau kotor setelah kita pakai beribadah.

Sandal

Bawalah sandal, dan tempatn khusus menyimpanya, baiuk bisa berupa tas belanja untuk menyimpan sandal anda. Meskipun di dalam masjid terdapat rak untuk menyimpan sepatu anda, ada baknya jika menyimpan sendiri perlengkapan umrah seperti sandal dalam tas yang sudah diberikan ciri oleh anda untuk memudahkan saat dicari. Dapat juga diletakan pada saat anda sholat. Juga undtuk menghindari bila ternyata lupa di rak mana anda menyimpan sandal. Untuk model sandalnya bisa anda pilih sendiri sesuai selera anda asalkan nyaman saat dipakai. Asalkan jangan menutupi mata kaki. Pada saat thawaf dan sa’I. tidak diperkenaljkan mengenakan sandal. Kecuali perempuan dapat menggunakan kaus kaki.

Sabuk

Sabuk ujmrah/ haji yang terdapat dompetnya bisa digunakan untuk menyimpan uang dan mengikay kain Ihram. Bila tidak memiliki sabuk, dpat diganti dengan tas pinggang.

Kaca mata hitam

Kaca mata hitam sebenarnya bisa untuk melindungi mata anda dari debu ataupun terik matahari yang menyilaukan saat malam hari.

Baju muslim

Bwa baju muslim untuk dipaki setelah melakukan ihram. Disarankan mempunyai warna putih ataupun lembut untuk dikenakan saat pergi ke masjid. Bawa secukupnya saja kira kira 3 atau 4 potong ( sesuai kebiasaan 0 di madian dan makkah udara kering sehingga jarang berkeringat.

Celana

Bawalah celana berbahan kain, hindari celana jeasns, celana kain akan membuat bagasi tempat menyimpan perlengkapan umrah lebih ringkas dibandingkan celana jeans karena ketebalannya. Selain itu cuaca di tanah suci cenderung panas sehingga celana katun memang lebih cocok untuk dipakai di saat panas. ( namun perhatikan juga musim atau cuaca di sana sebelum berangkat ke tanah suci ) bawalah secukupya sesuai jumlah hari jadwal umrah. Cukup membawa 2-3 potong celana saja, atau sesuai kebiasaan dan kenyamanan.

Perlengkapan mandi

Hotel mungkin bisa menyediakan perlengkapan mandi namun bisa saja mempunyai kapasitas terbatas. Bawalah handuk , sikat gigi, pasta gigi serta shampoo sachet agar tidak terlalu memberatkan.

Sarung

Sebagai seorang muslim yang tinggal di nusantara, pastilah tidak lepas dari sarung sebagai identitas muslim Indonesia. Sesuaikan dengan kebiasaan. Cukup membawa sarung 2 atau 3 kalu biasa sholat memakai sarung bisa membawa sarung sebanyak 4 potong,

Nah semoga artikel ini terbaca oleh kamu sebeleum memilih paket umroh ke tanah suci, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *